Pakaian Adat Maluku

Pakaian Adat Maluku (Baju Cele)



Baju untuk sang pria

         Pakaian yang dikenal dengan nama baju Cele atau kain Salele ini memiliki rupa yang berbeda untuk pria dan wanita. Ciri utama pakaian ini adalah motif garis-garis yang seakan membentuk kotak-kotak kecil dengan kain lumayan tebal tapi tetap nyaman dikenakan. Baju Cele laki-laki biasanya berbentuk seperti jas yang dilengkapi kemeja di dalamnya.
     Untuk bawahannya sendiri cukup menggunakan celana panjang berwarna hitam maupun yang warnanya senada dengan jas. Secara umum baju adat ini berwarna merah terang dan dilengkapi dengan motif perak atau pun emas. Pemakaian pakaian adat ini biasanya juga disempurnakan dengan pemilihan sepatu vantovel yang memberikan kesan elegan.

Baju untuk si wanita

       Baju Cele wanita biasanya dikombinasikan dengan kebaya atau kain sarung dengan warna senada agar terlihat cantik. Pelengkap lain yang biasanya digunakan adalah konde. Sebenarnya konde yang digunakan tidak terlalu berbeda dengan Jawa, tapi wanita Maluku menggunakan tusuk konde terbuat dari bahan menyerupai emas ataupun perak yang bernama haspel. Mereka juga meletakkan kak kuping, sisir konde di bagian tengah dan melingkarkan bunga di sekelilingnya. Para wanita juga biasanya menambahkan kain Lenso yang merupakan kain saputangan dan diletakkan di bagian pundak. Penggunaan kain ini sebenarnya dipengaruhi oleh budaya Belanda karena bila diamati para wanita Eropa atau Belanda zaman dahulu pasti membawa sapu tangan sebagai asesoris sehari-hari.




Sumber : www.boombastis.com


Referensi By: STIKI Malang   &   SSC STIKI





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.